Menu Tutup

Kitab Suci

Kami percaya bahwa Kitab Suci Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru secara kata-kata diilhami Allah, tidak ada kesalahan dalam naskah-naskah aslinya dan merupakan otoritas akhir dan tertinggi dalam seluruh aspek kehidupan dan iman Kristen.

Allah

Kami percaya bahwa Allah itu esa yang mengekspresikan diriNya dalami tiga pribadi kekal yang setara satu sama lain, yakni Bapa, Putera (Anak), dan Roh Kudus. Tiga pribadi ini  adalah   satu Allah yang layak disembah dan memiliki sifat dan atribut ilahi yang sama.

Malaikat

Kami percaya bahwa Allah telah menciptakan makhluk-makhluk spiritual yang tak berdosa yang disebut malaikat. Namun, melalui ketidaktaatan ‘Sang Putera Fajar’ oleh karena kesombongannya, dia jatuh dalam dosa dan dibuang dari hadirat Allah setelah membawa sejumlah besar pengikutnya. Dialah yang menjadi Setan, yang bersama dengan para malaikat pengikutnya menjalankan misi jahatnya untuk membawa dosa ke pada manusia yang mengakibatkan kematian bagi manusia. Dia merupakan ‘allah’ dunia ini sejak dunia telah jatuh ke dalam dosa karenanya melalui ketidaktaatan Adam dan Hawa terhadap Allah.
Kami percaya bahwa melalui penebusan Yesus Kristus di kayu salib, pekerjaan Setan dihancurkan. Dia dan para pengikutnya akan dihukum dalam hukuman kekal.
Kami percaya bahwa manusia diciptakan lebih rendah dari malaikat dan dalam inkarnasinya ke dunia Allah mengambil rupa dalam Yesus Kristus dan menjadikan diriNya lebih rendah untuk semenara waktu agar karya penebusan Allah bisa terjadi.

Manusia

Kami percaya bahwa manusia diciptakan tak berdosa pada awalnya, diciptakan segambar dan serupa dengan Allah, yakni laki-laki dan perempuan. Namun melalui godaan si Iblis mereka memilih ketidaktaan kepada Allah yang menyebabkan mereka jatuh dalam dosa, sehingga seluruh keturunan mereka yakni umat manusia ikut jatuh dalam dosa. Seluruh umat manusia telah kehilangan kemuliaan Allah karena dosa, mati secara rohani karena dosa, dan telah menjadi hamba dosa yang berakibat fatal pada kematian kekal dan terpisahnya mereka dari persekutuan bersama Allah.

Yesus Kristus

Kami percaya bahwa Yesus Kristus adalah sepenuhnya Allah dan sepenuhnya manusia. Melalui rencana Allah sejak semula, Dia datang ke dunia sebagai manusia melalui kelahiran perawan Maria ibuNya yang kedatanganNya bertujuan untuk menebus dosa umat manusia melalui kematianNya. Walau Dia mengambil rupa manusia, Dia hidup sebagai manusia tanpa dosa. Kami percaya bahwa Yesus Kristus adalah Mesias yang dijanjikan Allah kepada bangsa Israel dan seluruh dunia yang oleh kehendakNya sendiri bersedia memberikan nyawaNya bagi tebusan dosa banyak orang. Dia adalah anak domba Allah yang menghapus dosa dunia yang kematiannya berfungsi sebagai pengganti dalam pengertian paling mendalam.
Kami percaya bahwa seperti yang dikatakan Kitab Suci, Yesus Kristus bangkit dari kematian pada hari yang ketiga setelah kematianNya dalam tubuh fisikNya yang dimuliakan.
Kami percaya bahwa pengorbananNya memberi jalan bagi orang percaya untuk datang kepada Allah sehingga ini menjadi jaminan keselamatan bagi setiap orang yang percaya padaNya. Kami percaya bahwa Yesus Kristus adalah kepala dari segala sesuatu, kepala Gereja yang adalah tubuhnya, yakni orang percaya. Ia adalah Imam Besar, Perantara, dan Pembela bagi GerejaNya, yakni orang-orang percaya.

Keselamatan Hanya Melalui Kristus

Kami percaya bahwa karena manusia telah jatuh ke dalam dosa melalui ketidaktaatan mereka pada Allah, tak ada satu pun yang dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah, melalui usaha apapun, moralitas manusia sebaik apapun, ataupun ritual baptisan belaka, kecuali orang itu dilahirkan kembali menjadi manusia baru dalam Kristus yang dalam prosesnya dikerjakan oleh Pribadi Roh Kudus melalui Yesus Kristus. Kami percaya hanya oleh darah Kristus dan kebangkitanNya, manusia dapat diselamatkan dari hukuman maut yang memisahkan manusia berdosa dari Allah dalam kekekalan.

Jaminan Keselamatan

Kami percaya bahwa jaminan keselamatan bagi orang-orang percaya berlaku saat pertama kali orang meletakkan imannya dalam Yesus Kristus hingga saat dia bersama dengan Allah nantinya di kekekalan. Jaminan keselamatan itu bukanlah hasil pekerjaan atau moralitas orang percaya, tetapi datang dari Allah sendiri sebagai anugerah yang diberikan Allah bagi orang percaya.

Amanat Agung

Kami percaya terhadap perintah Amanat Agung Tuhan Yesus Kristus yang tertulis dalam Injil untuk memberitakan Firman Allah dan karya keselamatanNya melalui Yesus Kristus ke seluruh penjuru dunia. Oleh sebab pemberitaan ini, seluruh orang-orang percaya adalah mereka yang terpanggil untuk menjadi orang asing di dunia ini, hidup untuk memberitakan Kristus dan memperlebar Kerajaan Allah di dunia.

Kedatangan Kristus yang Kedua

Kami percaya bahwa Kristus akan datang untuk kedua kalinya seperti yang dikatakanNya dalam Kitab Suci. Dia akan datang dalam awan-awan disertai kemuliaan, kuasaNya, dan akan mengikat kuasa dari Si Jahat, serta memulihkan segala ciptaanNya.

Roh Kudus

Kami percaya bahwa Roh Kudus adalah pribadi ketiga dalam Allah Tritunggal yang dijanjikan oleh Yesus akan datang dalam peristiwa Pentakosta sebagai penghibur bagi orang-orang percaya. Dialah yang menguatkan orang percaya dalam pelayanan mereka, menghibur, dan yang tingal diam dalam diri orang-orang percaya. Sebagai salah satu pribadi dalam AllahTritunggal, Dia layak menerima sembah, bakti, dan ketaatan yang sama yang manusia harus berikan kepada Bapa dan Anak.

Gereja

Kami percaya bahwa Gereja adalah Tubuh Kristus yang terdiri dari orang-orang yang menaruh iman mereka pada karya keselamatan Allah dalam Yesus Kristus. Gereja adalah mempelai Kristus yang diikat oleh kekuatan Roh Kudus sebagai kekuatan yang menyatukan orang percaya dan memperkuat mereka dalam kehidupan mereka sebagai anggota Tubuh Kristus.